Tuesday, May 13, 2008

Gunakan Zat Antioksidan
Agar Makanan Tidak Cepat Tengik



Produk makan ringan yang beredar di pasaran tidak sedikit yang merupakan hasil olahan rumahan. Dalam proses produksi makanan ringan, home industry perlu memperhatikan kualitas produk yang akan dihasilkan. Indikasi tersebut bisa terlihat dari keawetan, makanan yang tidak berbau, dan higienis pada saat pengolahan.

Untuk mendapatkan kualitas olahan yang baik, maka perlu diperhatikan penggunaan bahan bakunya. Bahan baku yang digunakan sebaiknya merupakan bahan dengan kualitas yang baik juga. Proses produksinya terkontrol dan dikemas dengan baik menggunakan kemasan yang sehat dan menarik. Bahan yang sebaiknya digunakan untuk mengemas makanan ringan adalah bahan yang tidak mudah ditembus uap air seperti aluminium foil dan metalized plastic. Untuk kemasan yang cukup besar, sebaiknya kemasan plastik dikemas lagi dalam kemasan berbahan kardus.

Selain bahan baku dan proses pengemasan, yang perlu diperhatikan lagi adalah bagaimana proses pengolahannya terlebih untuk makanan yang digoreng. Untuk proses penggorengan harus diperhatikan pengaturan suhu saat bahan baku digoreng. Suhu standar untuk penggorengan adalah 170 – 190 °C. Jika saat penggorengan kurang maupun lebih dari yang telah ditentukan maka hasil gorengan akan berminyak dan minyak akan rusak.

Agar produk lebih awet dan tahan lama maka dalam proses pengolahannya bisa menggunakan bahan pengawet seperti zat antioksidan. Zat antioksidan mudah didapatkan di toko-toko kue. Zat tersebut bisa memperlambat proses ketengikan makanan. Cara penggunaannya yaitu dengan menambahkan zat ke dalam minyak goreng sebelum penggorengan dilakukan.

Untuk produk makanan ringan yang digoreng, ada baiknya dilakukan pengeluaran minyak dalam produk yang bisa dilakukan dengan pengepresan olahan sehingga bebas dari minyak. Dengan beberapa cara tersebut, makanan ringan bisa bertahan antara 1 – 6 bulan. Untuk produk yang pengolahannya kurang baik dengan bahan baku yang tidak baik pula, maka tingkat ketahanan produk bisa jadi hanya satu bulan saja. Nina

Oleh : Dr. Ir. Sugiyono, M.AppSc.
Dosen pada Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan
Fakultas Teknologi Pertanian
Istitut Pertanian Bogor (IPB)
Email : ssugiyono@yahoo.com

Peluang Usaha NO. 141THN III I 24 MARET – 06 APRIL 2008